-->

Cara Membiasakan Membuang Sampah pada Tempatnya


Masalah sampah atau limbah merupakan masalah global yang selalu dihadapi oleh Negara berkembang. Banyak sampah menumpuk di tempat terbuka adalah salah satu sumber penyakit yang harus ditangani. Kedasaran membuang sampah adalah langkah awal yang harus kita lakukan mulai dari diri sendiri dan dimulai dari dini.

Mulai dari anak-anak, remaja dan bahkan orang tua tidak memiliki kesadaran akan kerugian membuang sampah sembarangan. Baik ditempat umum atau fasilitas publik seperti lapangan, taman bermain, trotoar dan berbagai tempat lainnya. Banyak sampah terlihat dan tidak dibuang pada tempatnya.

Minimnya fasilitas tempat pembuangan sampah juga menjadi faktor penyebab banyak sampah berserakan ditepi jalan, tempat umum dan tempat-tempat wisata. Hal ini perlu adanya koordinasi antara masyarakat dan elemen pemerintah untuk segera mengambil tindakan menganangi masalah tersebut.

Kebiasaan Membuang Sampah

Mungkin sering kamu jumpai ada anak-anak membuang sampah sembarangan ditempat-tempat umum seperti ditempat wisata dan taman bermain. Padahal tidak jauh dari tempat mereka berada ada tong sampah.

Padahal di sekolah sudah diajarkan tentang  cara membuat sampah yang benar. Tidak hanya itu mulai dari taman kanak-kanak juga sudah dijelaskan bahwa sampah berserakan dapat menimbulkan berbagai penyakit.
Oleh karena itu, pentingnya memiliki kesadaran tentang membuang sampah harus ditanamkan sejak dini. Serbagai mahluk sosial harus selalu saling mengingatkan apabila terdapat salah satu dari kita baik usia kecil, remaja atau dewasa yang membuang sampah sembarangan.
Cara Membiasakan Membuang Sampah pada Tempatnya
Cara Membiasakan Membuang Sampah pada Tempatnya

Apakah pernah kalian membawa sampah pulang kerumah? Mungkin terlihat aneh, sampah kok dibawa pulang. Hal ini sudah saya terapkan bagi saya pribadi dan keluarga, seperti bungkus permern, dan tempat air mineral akan saya bawa pulang apabila tidak ada tempat sampah.

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup anak-anaknya, pembiasaan membuang sampah adalah salah satu bentuk wujud nyata dalam rangka merawat lingkungan agar nanti dapat dinikmati oleh anak-anaknya dimasa tua.

Penerapan disiplin dan pemberian hukuman perlu dilakukan untuk membiasakan kebiasaan baik ini. Namun, masih banyak juga orang tua yang belum menerapkan kebiasaan tersebut di dalam keluarga.
Dalam dunia pendidikan, materi tentang sampah harus dikembangkan dan disesuaikan agar dapat diterima dan dilakukan oleh siswa. Sehingga dapat membiasakan kebiasaan baik membuang sampah pada tempatnya.

Fasilitas Pembuangan Sampah

Pemerintah bersama dengan warga harus saling bahu-membahu menyediakan fasilitas pembuangan sampah yang baik dan merata. Hal ini merupakan salah satu tindakan yang harus dilakukan sejak awal untuk menunjang kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Saya juga menerapkan hal tersebut pada anak-anak, jadi mereka sudah terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Mungkin awalnya sulit namun apabila sudah tersbiasa, hal ini akan mudah. Siapa yang menjaga dan merawat lingkungan?

Kita bukan kita siapa yang menjaga lingkungan. Adanya kekompakan antara masarakat dan pemerintahan baik tingkat desa sampai pemerintahan tingkat tertinggi harus saling bergotong royong dan bahu membahu menanggulangi masalah sampah.

Pendidikan tentang menjaga kebersihan juga harus selalu ditingkatkan. Edukasi untuk warga masyarakat juga harus disosialisasikan hal ini untuk menekan dan menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya.

Media pembelajaran yang menarik tentang membiasakan membuang sampah pada tempatnya akan sangat efektif dan efesien digunakan untuk menanamkan sikap baik tersebut.

Semoga artikel tentang Cara Membiasakan Membuang Sampah pada Tempatnya dapat memberikan informasi yang bermanfaat.