-->

Limbah Organik Kering

Limbah Organik Kering - Masih membahas tentang limbah, karena tidak ada habisnya persoalan yang ditimbulkan oleh limbah itu sendiri. Dan pada artikel ini kami jelaskan tentang limbah organik kering. Mungkin bagi kamu yang mendapatkan tugas dari sekolah untuk mencari nformasi tentang limbah organik kering ini merupakan halaman yang tepat untuk kamu jadikan referensi.

Karena pada halaman ini akan kami bahas tentang pengertian limbah organik kering, contoh limbah organik kering  dan cara menanggulangi limbah organik kering. Artikel ini merupakan kesimpulan dari bebera informasi yang saya dapat dari beberapa bacaan dan informasi yang ada di internet.

Limbah Organik Kering

Secara garis besar isi artikel ini adalah :
  1. Pengertian Limbah Organik Kering
  2. Contoh Limbah Organik Kering
  3. Cara mengolah Limbah Organik Kering

 
Limbah Organik Kering
Limbah Organik Kering

Pengertian Limbah Organik Kering

Pengertian limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana sekelompok masyarakat tinggal, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). - sumber : wikipedia.com Pengertian Limbah Organik Limbah Organik Sekarang saya ingin mendefinisikan menurut pendapat saya satu persatu tentang limbah dan organik. Kata Limbah Organik berasal dari kata Limbah dan Organik.

Arti dari Limbah adalah sisa atau barang yang sudah di buang oleh pemiliknya dan tidak di manfaatkankan kembali, tapi sebenarnya kadang masih bisa di manfaatkan. Sedangkan pengertian Organik adalah bahan-bahan yang terbuat dari alam atau makhluk hidup Pada dasarnya limbah Organik merupakan sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan akan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos). Pengertian dari Kompos sendiri merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya pada waktu tertentu dapat dapat juga dipercepat oleh bantuan manusia.

Lalu apa pengertian limbah organik kering?
Limbah organik kering adalah bahan-bahan yang terbuat dari alam atau makhluk hidup Pada dasarnya limbah Organik merupakan sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan akan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos) dengan kandungan air yang sedikit.

Contoh Limbah Organik Kering

Ada banyak sekali limbah yang ada disekitar kita baik itu limbah organik maupun limbah anorganik. Dan berbicara contoh limbah organik kering yang ada disekitar kita juga ada banyak sekali contohnya misalnya kertas, kayu, ranting pohon yang kandungan airnya sangat sedikit. Limbah organik kering kertas ada banyak ditemukan di perkantoran, sekolah dan peruhanan, bekas administrasi yang sudah tidak digunakan ditumpuk dan dibiarkan ditumpuk di gudang. Sedangkan di pedesaan atau rumah-rumah yang ada di pinggiran hutang banyak ditemui kayu dan ranting pohon yang kandungan airnya sedikit.

Apabila kamu perhatikan di sekitar rumahmu ada banyak sekali daun-daun jatuh dari pohon setiap harinya. Apabila tidak dibersihkan banyaknkan berpa tinggi tumpukan daun tersebut selama 1 minggu.

Pengolahan Limbah Organik Kering

Perlu adanya tindakan yang serius untuk melakukan pengolahan limbah. Apapun jenis limbah tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan berbagai masalah. Untuk mengolah limbah kita harus memiliki prinsip untuk pengolahannya. Berikut ini prinsip pengolahan limbah :
Sebagai bahan pengetahuan, ada beberapa prinsip yang harus diketahui untuk mengolah sampah. Prinsip-prinsip ini dikenal dengan nama 4R, yaitu:
  • Mengurangi (bahasa Inggris: reduce)

Mengurangi penggunaan barang atau material dalam kegiatan sehari-hari sampai seminimal mungkin agat tidak menghasilkan barang sisa atau menimbulkan limbah organik dan limbah non organik.  Apabila semaik besar jumlah  kita menggunakan  material maka akan semakin besar juga jumlah banyak limbah  yang ditimbulkan.
  • Menggunakan kembali (bahasa Inggris: reuse)

Kita harus pandai memanfaatkan barang-barang yang mungkin masih dapat digunakan kembali, atau juga memanfaatkan limbah organik dan limbah nonorganic menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan cara ini dapat mengurangi tumpukan limbah, terutama limbah anorganik yang sulit terutai. Jangan menggunakan barang yang memiliki kemasan penggunaannya hanya sekali saja, setelah itu dibuang (bahasa Inggris: disposable).
  • Mendaur ulang (bahasa Inggris: recycle)

Menggunakan barang-barang disekitar kita untuk dimanfaatkan kembali atau biasa disebut dengan  didaur ulang lagi. Namun, tidak semua jenis material dapat dimanfaatkan kembali, tetapi pada masa sekarang ini sudah banyak industri tidak resmi (bahasa Inggris: informal) dan industri rumah tangga yang menggunakan limbah  menjadi barang yang  bermanfaat. Dan apabila diperjual belikan maka nilai jualnya akan lebih tinggi.
  • Mengganti (bahasa Inggris: replace)

Meneliti barang yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari dengan barang-barang yang awet dan tahan lama pemakaiannya. Gunakan produk yang memiliki kemasan dapat didaur ulang kembali atau mudah mengalami pelapukan atau dekomposisi.

Dari ke empat prinsip tersebut yang dapat kita lakukan secara sederhana untuk mengolah limbah organik kering seperti kertas, batang kayu, ranting kayu, dan daun-daunan kering adalah mendaur ulang dan menggunakan kembali. Kita bisa menggunakan kertas-kertas yang tidak digunakan untuk membuat barang lain yang lebih berguna sepert untuk membuat topeng, patung dan barang-barang lain yang berguna. 

Sedangkan untuk batang kayu, ranting pohon bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Atau apabila masih menggunakan bahan bakar kayu atau ranting pohon bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak. Bagi seorang yang terampil batang kayu dan ranting pohon bisa di buat atau disulap menjadi sebuah barang dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Contoh Limbah organik kering daun-daun kering bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk kompos, daun-dauh yang berguguran merupakan bahan yang bagus untuk embuat kompos. Ada cara sederhana membuat kompos bebahan daun-daun kering. Bagi kamu yang memiliki lahan luas dibelakang rumah ini merupakan langkah yang baik untuk mengurangi jumlah limbah organik.

Daun kering juga bisa dibuat menjadi bahan kerajinan seperti kolase atau menempel yaitu menempelkan daun-daun kering pada media yang dibentuk mirip dengan bagunan, hewan atau pemandangan. Dan apabila hasilnya bagus maka bisa menambah penghasilan.

Itulah sedikit penjelasan tentang Limbah Organik kering mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel yang kami buat agar lebih banyak orang tahu dan lebih bermanfaat.